“Sangu” dari PDA
Pembekalan Edu-trip to Jakarta hari ke-12
Siang ini kami berkunjung ke Kantor Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Nganjuk, yang bertempat di Jalan Gondowardoyo. Melihat lokasi yang tidak terlalu jauh dari madrasah, kami putuskan berjalan kaki menuju PDA. Kami harus lebih banyak berlatih berjalan cepat walaupun matahari sangat terik siang ini. Alhamdulillah perjalanan menuju PDA kami tempuh dalam waktu kurang lebih 10 menit.
Sesampainya kami di PDA bertepatan dengan Bu Badriyah yang baru hadir di parkiran kantor. Kami menyalami beliau dan Bu Anjar yang sedang berada di kantor. Selanjutnya kami diarahkan menuju hall PDA yang berada di lantai dua.
Pertemuan siang ini di PDA diawali oleh sambutan kepala madrasah, Pak Aris. Beliau memaparkan seputar kegiatan Edu-trip, agenda tahunan di MTs Aisyiyah 1 Nganjuk yang bersifat partisipatif. Beliau juga menjelaskan bagaimana rencana Edu-trip yang ketiga tahun ini. Tahun ini, destinasi ditambah dengan mengunjungi Kebun Raya Bogor.
Kegiatan edu-trip bertujuan untuk mengenalkan pada murid kami bagaimana kondisi ibu kota Negara Indonesia. Kami juga berharap dapat merubah mindset mereka untuk lebih terbuka, lebih termotivasi,dan tidak takut untuk bermimpi. Selain itu, dalam kegiatan ini peserta edu-trip diaasah ketangguhannya dalam mengahadapi rintangan selama perjalanan.
Berikutnya bu Novita selaku ketua PDA memberi kami ‘sangu’ berupa wejangan selama kegiatan nanti. Beliau berpesan untuk menjaga nama almamater, melaksanakan sholat dengan tertib sesuai tuntunan, makan dengan teratur agar tubuh selalu bertenaga, dan mengikuti arahan bapak/ibu pembimbing. Beliau juga mendoakan agar perjalan lancar, sukses, dan diberi keselamatan.
Agenda siang ini ditutup dengan doa dari Bu Badriyah dan foto bersama dengan ibu-ibu PDA. Kami menyalimi dan pamit kepada ibu-ibu PDA. Dan kami bersiap kembali untuk berjalan cepat menuju madrasah. Alhamdulillah peserta Edu-trip mulai terbiasa berjalan cepat dan bisa sampai di madrasah tepat waktu.
Nganjuk, 9 April 2025
Istiqomah Rohimatul Azizah